Online Shop

Online Shop Add comments Post by: brahmastagi

Tahun 2007 kemarin kalau tidak salah pengguna Internet Indonesia sudah mencapai 25 juta pengguna, terbesar di Asia Tenggara. Kedepan pertumbuhan pengguna Internet di Indonesia juga akan terus bertambah dengan pertumbuhan yang mengagumkan. Dilihat dari sini memang penjualan melalui media online ini akan terus meningkat kedepannya.

Sebelum memulai berbisnis dengan menggunakan medium internet atau sering dikenal dengan ecommerce perlu kita ketahui dulu karakter medium ini dan perbedaannya dengan medium biasa. Beberapa hal dasar yang perlu dipertimbangkan ialah:

  1. Tampilan: Dalam took tradisional pelanggan bisa menyentuh barang yang hendak di belinya, bisa mencobanya, merasakan texturenya dan bahkan mencium harumnya. Sedangkan pada medium penjual hanya dapat menggunakan gambar, grafik, dan text untuk mendeskripsikan produknya. Tentunya ini berimplikasi pada karakter produk yang akan dipasarakan. Produk-produk yang bersifat standard seperti elektronik, buku, sangat potensial dipasarkan dengan medium ini sedangkan memang produk yang perlu senses dari indrawi seperti harus dirasa, harus dipegang, harus dicium terlebih dahulu akan lebih sulit dipasarkan di internet apalagi jika produknya benar-benar tidak ada ditoko lain. Beda jika produk tersebut memiliki brand yang terkenal dan kualitas yang sudah dikenal seperti parfum CK. Biasanya bila transaksi tersebut bersifat B2B maka pengiriman sample menjadi alternatif yang baik untuk mengatasi kendala ini.
  2. Pengeluaran: Walau dalam medium internet tidak dibutuhkan untuk menyewa tempat atau kantor, namun perlu diingat pengeluaran lain untuk mendesain dan membangun web ecommercenya yang kemungkinan akan menghabiskan budget yang cukup besar (bila ingin pengembangan ecommerce yang serius). Solusi lainnya ialah bergabung dengan emarketplace yang ada atau emall yang didalamnya terdapat beberapa toko terpisah. Pengeluaran lainnya ialah biaya untuk maintenance online shop tersebut tentunya perlu juga dihitung.
  3. Lokasi: Perlu disadari bahwa dalam medium internet lokasi tidak dibatasi oleh batas geografis. Karenanya ada beberapa implikasi yang perlu di pertimbangkan, pertama produk atau jasa Anda kalau bisa unik tidak hanya di lingkungan Anda namun juga secara nasional dan internasional. Karena pesaing Anda juga sebenarnya adalah online shop seluruh dunia. Walau masalah biaya logistik biasanya menjadi natural barrier dalam transaksi, tidak tertutup kemungkinan produk Anda dipesan oleh mereka yang tinggal di Canada atau US. Teman saya pernah membeli barang dari Australia yang biaya kirimnya lebih besar dari harga produknya itu sendiri.
  4. Komunikasi: faktor komunikasi yang baik menjadi penting karena lebih susah berkomunikasi melalui medium internet ini daripada komunikasi face to face. Karena itu usaha ekstra diperlukan untuk memastikan tidak terjadi salah paham dalam pembelian, respon yang cepat terhadap email dan pertanyaan pelanggan. Kuncinya disini ialah membangun kepercayaan dari calon pembeli.
  5. Teknologi: Nature dari medium internet ialah teknologi, karena itu perlu disadari dari awal kalau dalam perjalanannya akan banyak terdapat update-update teknologi yang harus terus diikuti berikut dengan standar-standar baru yang mungkin akan muncul kedepannya.
  6. Budaya: budaya untuk membeli melalui internet tentunya berbeda dengan budaya membeli biasa, karena disamping membutuhkan kepercayaan yang tinggi terhadap toko online tersebut (juga terhadap medium internet), pelanggan juga harus memiliki keterampilan menggunakan internet. Disisi lain kebiasaan mencoba, menawar, juga bisa menjadi kendala.

Dengan mempertimbangkan berbagai hal di atas saya mengusulkan 4 langkah inti untuk menjalankan suatu toko online:

  1. Strategi: Merumuskan secara jelas segmen pasar internet yang akan dilayani, kemudian menentukan Target dan yang terpenting Positioning produk yang akan di tawarkan. Produk yang akan ditawarkan, dan harga menjadi sangat penting dalam dunia online ini mengingat kompetitornya ialah pasar global, dan pelanggan dengan sangat mudah membandingkan harga dua toko online. Sebaiknya diferensiasi produk Anda jelas dan tentunya memiliki value dimata target pasar.
  2. Operation: Pastikan tidak hanya unsur online shop nya saja yang siap, Anda juga harus memastikan bahwa sisi logistik dan pengiriman barangnya siap. Karena ingat pengiriman yang tepat waktu akan menimbulkan kepercayaan. Tidak hanya pengiriman, namun juga support dan service yang baik.
  3. Marketing: Sebaiknya pola pemasaran dijalankan secara offline dan online. Dalam hal ini Anda dapat menggunakan banyak tools baik offline atau pun online tools. Online tools mulai dari SEO yang handal, menggunakan komunitas dan social network, viral, dst.
  4. Maintenance: Kunci dari sukses tidaknya suatu online shop pada akhirnya ditentukan oleh maintenance yang baik. Maintenance meliputi konten yang terupdate, secara online system tidak ada error, keyword yang selalu di update, respon pelanggan yang cepat, pengiriman yang tepat waktu, kualitas barang yang sesuai dengan yang dijanjikan, dan semua itu harus dijalankan dengan konsistensi yang tekun tentunya.

Leave a Reply

WP Theme & Icons by N.Design Studio
Entries RSS Comments RSS Log in