Pull & Push Marketing

Online Marketing Add comments Post by: brahmastagi

Dalam teori marketing, kita mengenal adanya teori mengenai Push marketing yang pada intinya ialah menggunakan jalur distribusi untuk melakukan push produk ke outlet-outlet dimana konsumen bisa membelinya, atau menggunakan pull strategy yang pada intinya ialah membangun daya tarik terhadap produk dan jasa melalui berbagai media sehingga konsumen atau customer datang sendiri ke tempat kita atau datang ke toko untuk membeli barang kita.

Dua strategi ini juga berlaku di dunia online, Media online saat ini menawarkan push marketing seperti push email, broadcast SMS, RSS, Podcast, Vodcast, information widget yang semuanya menawarkan pengiriman data dan informasi dengan cara push artinya tanpa diminta customer akan dikirimkan informasi tersebut. syarat utama menggunakan cara ini tentunya ialah pemasar harus mendapat komitment di awal berupa registrasi untuk layanan ini, ada beberapa hal lain yang juga harus diperhatikan seperti subscriber harus diberi cara untuk keluar dari layanan ini, pengiriman informasi yang bertanggung jawab, continuitas, dll. Karena jika tidak email atau sms tersebut dapat dikategorikan sebagai spam.

Dalam dunia online, pull marketing terjadi dengan dua cara pertama di generate dari advertising offline sehingga orang mengakses karena baca di media lain tentang keberadaan site kita, yang kedua ialah dari promo online dengan menggunakan media digital seperti iklan di site lain, pasang search advertising, barter link, join community dll.

Karena media digital, terutama online dapat menjadi sarana promosi, produk itu sendiri, media komunikasi, dst. Strategi push dan pull dalam online sangat juga tergantung dari “the nature of product and services”. tulisan ini hanya mengingatkan bahwa bahkan dalam media online kita jangan lupa adanya konsepsi marketing pull dan push ini.

Leave a Reply

WP Theme & Icons by N.Design Studio
Entries RSS Comments RSS Log in