Mendorong Karir Melalui Online

business 2.0 Add comments Post by: brahmastagi

Beberapa waktu lalu saya membaca di Seth Godin blog bahwa kedepan kemngkinan salah satu yang akan ditanyakan oleh pewawancara ialah “alamat blog anda?” well saat itu blog bisa menjadi representasi dari capability dan credibility Anda.

Tapi kenapa harus menunggu, sekarangpun kita bisa menggunakan blog ataupun tools online untuk membangun image dan credibilitas untuk mendorong karir. Misalkan saja anda bekerja diperusahaan yang bekerja di bisnis consumer goods, dibagian sales, marketing. Anda bisa membuat suatu blog yang berisi pemkiran anda mengenai sales dan maketing serta teori-teori dibelakangnya, Anada bisa menuliskan sharing pengalaman di bidang penjualan dan marketing yang pernah anda alami, kalau perlu anda bisa menuliskan solusi-solusi yang anda terapkan dalam blog tersebut yang berhubungan dengan pekerjaan Anda. Anda dapat menuliskan analisa-analisa pakar mengenai industry Anda yang diceritakan kembali dengan berbagai tambahan yang lebih personal.

Bila anda di bagian operation katakanlah sebuah perusahaan IT atau komunikasi, tulisan Anda mengenai problem dan solusi dilapangan dapat menjadikan anda “pakar” yang dipercaya. Semua ini bertujuan untuk membangun image personal brand Anda dan basis kredibilitas dan kapabilitas Anda.

Konsep dasar dari ini sebenarnya ialah bagaimana kita membuka diri dengan memberikan dan membagi apa yang Anda punya sehingga orang dapat melihat dan menilai kemampuan Anda yang sebenarnya.

Tentunya kalau Anda ingin menggunakan hal ini untuk menjadi pendorong karir, Anda juga harus mengenalkan blog pribadi ini pada atasan dan rekan sekerja sehingga dibaca. Bila perusahaan Anda memiliki system knowledge management yang baik, Anda dapat menggunakannya, jadi sambil mengupdate knowledge management Anda bisa juga meng update blog Anda, pastikan tidak ada rahasia perusahaan yang tidak boleh di share ke public ada di blog pribadi Anda.

Benar saat ini kebanyakan boss-boss bukanlah mereka yang sudak membaca blog, namun saya yakin di HR department, terutama di dalam recruitment mereka akan mulai melihat blog ini sebagai basis referensi rekomendasi.

Pastikan juga kalau Anda selalu menuliskan isi blog dengan jujur dan dengan kata-kata yang baik sehingga image atau personal brand yang ingin Anda tampilkan dapat tersampaikan dengan benar.

Leave a Reply

WP Theme & Icons by N.Design Studio
Entries RSS Comments RSS Log in