Google Phone

Mobile Internet Add comments Post by: brahmastagi

Menarik memang mengamati bagaimana raksasa internet bergerak ke bisnis mobile (Google Phone) walau disebut Google Phone sebenarnya yang dilakukan google ialah membuat open source operating system.  Projectnya sendiri adalah project Android namun orang sering menyebutnya GPhone atau Google Phone. sebaliknya produsen mobile bergerak kearah integrasi ke internet (Nokia dengan OVI).

Salah satu konsep design google phone dapat dilihat di web resminya Google Phone atau Android. Berikut salah satu contohnya:

google-phone-concept-rendering.jpg

Kalau menurut saya konvergensi dua media ini internet dan mobile seperti yang dilakukan Google memang sudah bisa perkirakan karena beberapa alasan dibawah ini:
 
1. Akses Internet melalui Mobile, Pengguna Mobile Phone sudah lebih banyak dari pengguna PC. sebagai contoh di Indonesia, pengguna internet berjumlah kurang lebih 25 juta sedangkan mobilephone di Indonesia sudah lebih dari 80 juta pengguna. Penetrasinya juga lebih tinggi. Namun memang harus di cermati, dari sekian banyak pengguna Mobile Phone, mungkin hanya sedikit yang menggunakannya untuk mengakses internet, namun tetap saja kedepan bukan tidak mungkin konversi dari pengguna voice ke data internet akan bertambah.
 
2. Mobile phone semakin terintegrasi dengan internet hal ini bisa di lihat dari usaha yang dilakukan apple pada produknya iphone, dia menggunakan browser base sebagai user interfacenya (CMIIW).
 
3. Service extension Bagi google mobile access untuk sebagai perkembangan dari jasa search enginenya akan memberinya potensial revenue yang besar, dengan project besarnya untuk mendigitalisasi semua informasi, akan datang saatnya ketika kita mau tahu lokasi atm BCA di daearh kebayoran, bisa kita akses melalui Google Search. atau kita mau cari makanan sehat di jakarta dengan budget tertentu, bisa di cari melalui google. Bisa dibayangkan ketika banyak orang mulai melakukan pencarian informasi untuk daily life melalui search engine google di mobile device well kebayang besarnya potensi adwords nya kan.

4. Open source, Fakta bahwa Google saat ini hanya akan membuat opensource operating system untuk mobile device menunjukan saat ini Google telah sadar untuk masuk dalam pertarungan mobile ad kedepan. Pertarungan akan juga dilakukan pada level operating system, karena dalam mobile device, microsoft belum sekuat di PC, dan langkah ini bisa jadi usaha Google untuk melapangkan jalannya memasuki mobile era. saat ini sudah ada beberapa vendor mobile phone yang juga terlibat seperti Samsung, Motorola.
 

Leave a Reply

WP Theme & Icons by N.Design Studio
Entries RSS Comments RSS Log in